Meracik LiDi Nusantara Ala Bu Iin

 


Bagaikan pelita penerang dalam gulita, begitulah narasumber kuliah menulis malam ini memberikan penerangan kepada kami penghuni kelas menulis di WAG.

Musiin lahir di kota Tahu Takwa pada tanggal 6 Juli 1970.Orang - orang di sekitar  biasa memanggilnya Ibu Iin. Sejak tahun 1998 ibu Iin merupakan seorang guru  Inggris di SMPN 1 Tarokan Kediri. Beliau memiliki hobi membaca buku, menulis, travelling dan memasak. 

Ia pertama kali masuk sekolah di tahun 1977 – 1983 di SDN Kras I Kediri. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN Kras dari tahun 1983-1986 dan  sekolah lagi ke SMAN 4 Kediri lulus tahun 1989. Dari tahun 1989-1994. Ia melanjutkan ke IKIP negeri Malang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pendidikan Strata II ditempuh di Universitas Negeri Surabaya Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra mulai tahun 2006-2009.

Kecintaan akan profesi guru Bahasa Inggris membawanya menempuh Short Course di SEAMEO RELC Singapura tahun 2015.

Pengalaman mengajar dimulai dari menjadi dosen pada tahun 1994 di STKIP PGRI Jombang, STIE Dewantara Jombang dan tutor bagi pekerja asing di PT Chiel Jedang Jombang.

Di lingkungan dunia pendidikan, ia aktif menjadi tim pengembang mata pelajaran Bahasa Inggris dan tim penilai angka kredit guru di tingkat Kabupaten Kediri. 


Selain mengajar, Bu Iin juga founder organisasi swadaya masyarakat YAPSI yang berdiri sejak tahun 1991.Organisasi ini bergerak dalam bidang
1. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM bekerja sama dengan Bank Indonesia Surabaya.
2. Pemberian bantuan pangan bagi masyarakat miskin, posyandu, anak sekolah bekerja sama dengan World Food Program (UN-WFP) di wilayaj Surabaya, Gresik dan Sidoarjo
3. Pemberian bantuan susu bagi anak-anak SD bekerja sama dengan Susu Ultra dam Departemen  Pertanian Amerika Serikat.
4. Pelatihan Sekolah Ramah Anak  bagi guru-guru SD di Kabupaten Sampang bekerja sama dengan UNICEF.
5. Pendidikan  lingkungan dan daur ulang sampah bekerja sama dengan Tetra Pak Indonesia dan TP UKS Propinsi Jawa Timur.
6. Pengadaaan perpustakaan kampung, dan toilet di kampung-kampung Surabaya donasi dari UN WFP.

Dalam bidang kewirausahaan, Bu Iin merupakan founder PT In Jaya yang bergerak di bidang ekspedisi untuk pendistribusian produksi Indomarco dan Indolakto Pasuruan. Selain itu PT In Jaya merupakan pemasok bahan baku tebu  bagi pabrik gula di wilayah Madiun, Malang dan Kediri.

Pada kuliah menulis malam ini Bu Iin akan membagikan pengalaman beliau menulis buku dan diterbitkan di Penerbit Mayor. Dan ternyata ibu Iin juga merupakan jebolan kelas menulis via WAG angkatan ke 8 bersama dengan Cikgu Tere dan Pak Roma.

Proses beliau menulis sampai menerbitkan buku yang berjudul LITERASI DIGITAL NUSANTARA sama dengan yang telah disampaikan oleh rekan beliau Cikgu Tere dan Pak Roma. Mereka menerima tantangan dari Prof Eko yang menjadi narasumber kuliah menulis pada waktu itu. Dan malam itu juga ibu Iin membuat Outline buku dari judul yang telah diberikan oleh Prof Eko.

Outline yang Ibu Iin sampaikan adalah sebagai berikut:
• Pengguna Internet di Indonesia
• Media sosial
• Literasi Digital
• Ekosistem Literasi Digital di Nusantara
• Literasi Digital untuk membangun
  Digital Mindset warga +62
Keesokan harinya Prof Eko memberi Bu Iin cover buku yang akan ditulis.



Semangat Bu Iin langsung berkobar untuk segera menyelesaikan buku LiDi ( Literasi Digital) tersebut. Dengan berbekal surat kabar, buku- buku, dan penelusuran referensi di internet yang beliau sisihkan 10% dari TPP yang terima untuk pengembangan diri. Bahkan bukan hanya buku- buku yang berhubungan dengan mata pelajaran bahasa Inggris saja, namun semua buku- buku dari berbagai bidang ilmu yang menarik untuk dibaca beliau beli.

Selanjutnya bu Iin mengatakan bahwa selama ini beliau hanya menjadi pembaca yang baik. Seandainya menulis, beliau hanya menulis PTK, jurnal, proposal dan laporan untuk kepentingan pekerjaan saja. Tidak terlintas di benak beliau untuk menulis dan menerbitkan buku apalagi di penerbit Mayor. Namun sebenarnya di awal tahun 2020 beliau membuat perencanaan di SKP akan menulis buku. Dan keajaiban itu datang dengan mengikuti kelas menulis Om Jay. Bu Iin jadi ingat dengan buku yang berjudul The Secret ( Law of Attraction) karya Rhonda Byrne, buku itu bercerita tentang rahasia kekuatan pikiran atau daya tarik menarik di alam semesta. Pikiran beliau di awal tahun adalah menulis buku, Alhamdulillah atas kehendak Allah beliau dituntun mengikuti kelas menulis dan berhasil menulis buku di Penerbit Mayor.

Dalam kesempatan ini Bu Iin akan mengajak penghuni kelas menulis WAG untuk mengikuti proses memasak buku berjudul LITERASI DIGITAL NUSANTARA. Seandainya buku itu sepiring hidangan, tentu saja beliau akan mengajak kita berbelanja, meracik dan memasaknya. Agar kita mempunyai pengalaman tersendiri.


Ini adalah cover dari Penerbit Andi


Isi buku tersebut berasal dari materi yang disampaikan Prof Eko Indrajit di  Ekoji Channel  (https://www.youtube.com/watch?v=8oMCQspJOII) yang berjudul Digital Mindset. Materi ini kemudian saya kembangkan berdasarkan referensi baik itu surat kabar, buku dan informasi yang ada di internet. Selain itu pengamatan dalam kehidupan sehari-hari juga sangat berperan dalam penulisan buku ini.

Bu Iin tertarik menulis materi ini karena berdasarkan data yang dirilis Data Statista menunjukkan bahwa Indonesia masuk dalam 10 negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Indonesia berada di peringkat kelima dengan pengguna internet sebanyak 143,26 juta per Maret 2019.

Di Bab 1 ada 2 pembahasan yang Bu Iin tulis yakni


Dalam memaparkan data-data tentang pengguna internet Bu Iin menggunakan data hasil survey APJII.
APJII adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Hasil survei tersebut Bu Iin gunakan sebagai data penulisan dan beliau paparkan berdasarkan pengamatan dan referensi yang lain. Berikut adalah infografis yang beliau cantumkan di bukunya.


Berdasarkan data tersebut nampak pengguna terbesar adalah generasi Z (data tahun 2018). Kemungkinan besar karena PJJ di era pandemi Covid-19, generasi Apha juga mulai menjadi pengguna dalam prosentase yang besar.
Pembahasan tentang jumlah dan karakteristik masing-masing generasi ini sangat menarik karena berdasarkan tahun kelahiran dan kondisi tumbuh kembang mereka sangat mempengaruhi perilaku dalam berinternet.
Sebagai contoh perilaku Gen Z dalam berinternet.

Generasi yang lahir antara tahun 1995-2010 adalah Generasi Z atau dikenal dengan iGeneration atau Generasi Net.Mayoritas anggota generasi ini masih di bangku sekolah dan kuliah, hanya sebagian kecil saja yang masuk ke dunia kerja. Gadget dan internet telah menjadi bagian dari kehidupan mereka sejak kecil. Implikasinya mereka menyukai hal yang instan, kenyamanan dan multi tasking. Popularitas diperoleh di berbagai media sosial melalui unggahan-unggahan yang menunjukkan style mereka. Hedonisme sudah menjadi urat nadi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Mereka menyukai berbelanja secara online sekaligus pelaku industri ekonomi kreatif di dunia maya. Uang tidak lagi untuk investasi seperti yang dilakukan generasi sebelumnya, namun untuk keperluan fashion, travelling dan kuliner.

Paparan tadi sedikit informasi tentang Bab 1 dari buku beliau. Selanjutnya beliau mengajak kita berselancar ke Bab 2 yakni tentang Media Sosial.

Berdasarkan hasil survei APJII tahun 2018, alasan warganet +62 menggunakan internet adalah berkomunikasi, bermedia sosial dan mencari informasi tentang pekerjaan. Murid-murid beliau jika diajak menggunakan platform Google Classroom dalam pembelajaran selalu mengatakan bahwa paketan yang dibeli adalah paketan media sosial.

Di Bab 2, materi yang beliau tulis adalah sebagai berikut:

Berdasarkan data yang dirilis We Are Social,Hootsuite, 2020 beberapa media sosial yang sering dipakai adalah sebagai berikut:

Pembahasan mengenai media sosial mencakup
1. Pengertian
2. Jenis-jenis media sosial
3. Kelebihan dan kekurangan media sosial

Penggunaan internet yang tidak dimbangi dengan kecerdasan digital akan mengakibatkan pengguna internet menjadi korban kejahatan digital atau bahkan menjadi pelaku kejahatan digital. Di Indonesia UU yang mengatur tentang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik disebut dengan UU ITE.

UU ITE Pasal 27 adalah pasal pasal yang sering dilanggar oleh warganet, Isi dari UU ITE pasal 27 adalah:

Untuk melengkapi pembahasan tentang dunia media sosial, di bagian akhir Bab 2 Bu Iin memaparkan tentang jenis-jenis kejahatan siber yang mayoritas sasaran empuknya dalah anak-anak usia 15-19 tahun.




Ini adalah daftar kejahatan di dunia maya.

Penjelasan tentang masing-masing jenis kejahatan di dunia maya beserta contoh kasusnya dapat kita temukan di Bab 2 bagian akhir.

Wah... Bikin penasaran ya... Bagaimanakah isi Bab 3. 4 dan 5?
Nah untuk  menghilangkan rasa penasaran mari kita berpetualang di BUKU CERDAS berjudul LITERASI DIGITAL NUSANTARA . Bagi yang berminat silahkan pesan di CP berikut πŸ‘‡



Sebagai penutup presentasi, Bu Iin meminta ijin untuk  mengutip ungkapan yang ditulis di blog Kang Robby (http://robbie-alca.blogspot.com/)

"Kita berada di dunia bukan untuk mencari seorang yang sempurna untuk dicintai, tetapi untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna. "

Kesimpulan

Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?
Syaikh Hasyim Asy’ari

Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah
-Pramoedya Ananta Toer-

Komentar

Unknown mengatakan…
Selalu nungguin blog dari bunda, semangat terus bun 😘
Yayah Marliah mengatakan…
Terimakasih. Masih belajar πŸ™
Keren resumenya semakin meningkat kualitasnya ...semamgat dlm berliterasi ya mb

Monggo bila berkenan http://nurhidayati2010.com/?p=417
Novi Puspitasari mengatakan…
Semoga Kelak Bisa menerbitkan buku sama-sama,
Semangat Mba Yayah. sudah Keren Tulisanya.πŸ‘
Lilis Erna Yulianti mengatakan…
Resumenya bagus Bu... Semangat berliterasi...
Marna_SMPN5KusanHilir mengatakan…
Semakin keren bun tulisannya.

πŸ€πŸ“–Salam Literasi
Imas mengatakan…
πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Abraham mengatakan…
Sukses bu, salam literasi

Postingan populer dari blog ini

Awalnya terpaksa akhirnya MAU

Pengalaman Pertama Menulis di blog

Menggapai Impian Menjadi Kenyataan