Awalnya terpaksa akhirnya MAU

Jam sudah menunjukkan pukul 19.00 WIB. Saya sudah bersiap siap di kelas menulis untuk mengikuti kuliah menulis hari ke dua. Malam ini kuliah akan disampaikan oleh seorang motivator bahagia, beliau adalah Bapak Bambang Purwanto alias Mr. Bams. Dan yang bertindak sebagai moderator adalah yang terhormat Om Jay( wali kelas di kelas menulis). 

Bapak Bambang Purwanto alias Mr.Bams adalah seorang guru di SMP Taruna Bakti Bandung. Beliau mengabdi sejak tahun 2008. Disela sela kesibukannya mengajar, beliaupun mengabdikan dirinya di masyarakat sebagai ketua RW. 

Sebagai penulis, pria kelahiran Bandung 06 April 1974 ini ternyata merupakan jebolan kelas menulis angkatan ke 8 asuhan Om Jay. Awalnya  Mr. Bams tidak memiliki blog pribadi, kemudian beliau membuat blog yang akhirnya diubah menjadi website. 

Perjalanan menulis beliau sebenarnya diawali sebagai pendongeng pada tahun 2004,dengan panggilan ayah salwa. Salwa adalah buah cinta beliau dengan ibu Euis Mulyati. 

Sebagai pendongeng, beliau tentunya harus rajin membaca buku sebagai referensi untuk memperkaya bahan mendongeng.Kemudian buku buku tersebut beliau kumpulkan. Dari buku buku yang menumpuk tersebut munculah ide membuat taman bacaan untuk anak -anak yang ada di sekitar rumah beliau. 
Pada tahun 2011 akhirnya beliau mendirikan taman bacaan As salwa lebak wangi. Beliau mengelola taman bacaan  bersama isteri dan anaknya. 

Taman bacaan yang beliau dirikan dihalaman rumahnya yang bertipe cinema XXI ( candaan beliau untuk menyebut rumah RSS) banyak dikunjungi anak-anak dan pembaca. Beliau mewajibkan untuk mengisi daftar hadir kepada setiap pengunjung. Begitulah setiap hari beliau dibantu sangat isteri tercinta mengumpulkan dan menyusun kurang lebih 20 buah majalah BOBO, 20 buah buku bacaan anak anak, dan koran koran terbitan kemarin yang dikumpulkan. 

Dari kiprah beliau sebagai pendiri taman bacaan ( TBM) AS salwa lebak wangi  dan keterampilan literasi yang dimilikinya, sekolah tempat beliau mengajar menunjuk beliau sebagai penata program gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi sekolah yang digagas oleh  Anies Baswedan  pada tahun 2013,dimana setiap anak sebelum masuk kelas  selama 15 menit diharuskan untuk  membaca.Kemudian pada tahun 2019 beliau pun ditunjuk menjadi ketua Tim Literasi Sekolah.Dan hasilnya  SMP Taruna Bakti mendapat anugerah dari Dinas Pendidikan kota Bandung sebagai sekolah literasi kategori utama. 

Sebagai seorang blogger menurut Mr. Bams tentu saja banyak kendalanya, terutama bagaimana cara mempertahankan kebiasaan menulis?  Setiap orang tentu sudah belajar menulis dimulai sejak sekolah dasar sampai Perguruan tinggi. Tapi tidak semua orang bisa dengan mudah menuangkan ide- ide yang ada dalam pikiran ke dalam tulisan. Pertama kali menulis mungkin masih merasa terpaksa, bingung dan ragu. 
Menurut beliau yang terpenting kita harus menjaga konsistensi menulis. Seperti  yang beliau lakukan setiap hari selalu konsisten menulis kalimat kalimat bahagia, konsisten menulis sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Dan tulislah apa yang ada di kepala, dan jangan menulis yang tidak bisa ditulis. 

Pada kesempatan kuliah menulis malam ini Mr. Bams juga membagikan jurus jitu agar tetap konsisten menulis. Menurut beliau kita harus memiliki MAU. Motivasi merupakan impian, harapan, dan cita cita yang harus dicapai. Untuk mencapai cita-cita dan impian kita harus melakukan Aksi sehingga akhirnya kita mendapatkan hasil prestasi yang Unggul

Sekian kuliah menulis malam ini. Semoga pengalaman dan tips dari Mr. bams dapat bermanfaat untuk kita terutama untuk saya sebagai penulis pemula yang awalnya menulis itu karena terpaksa harus menyetorkan tugas webinar. Tapi setelah menyimak pengalaman dan tips dari Mr. Bams menyulut semangat saya untuk mau menulis.

Terimakasih Mr. Bams


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Menulis di blog

Menggapai Impian Menjadi Kenyataan