CLBK Membawa Nikmat

Pengalaman menulis dan menerbitkan buku. 

Kisah inspiratif malam ini akan ditebarkan oleh seorang guru muda asal Tana Toraja. Beliau adalah Pak Yulius Roma Patandean, S.Pd. Pak Roma, begitulah para siswa dan rekan guru biasa memanggil. Beliau mengajar bahasa Inggris di UPT SMAN 5 TanaToraja sejak tahun 2015 hingga sekarang. 
Selain sebagai pengajar, Pak Roma sering pula diundang untuk menjadi juri pada lomba lomba Debat Bahasa Inggris tingkat SMA dan lomba Story Telling tingkat SMP di kabupaten Tana Toraja. Beliau juga pernah menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Tana Toraja, sebagai Tutor di Universitas Terbuka dan sebagai Fasilitator Belajar di Yayasan Trampil Indonesia. 


Pria yang dulu pernah bercita-cita ingin menjadi wartawan peliput sepakbola ini juga mendapat amanat dari PGRI sebagai sekretaris PGRI kabupaten Tana Toraja, dan sekertaris perwakilan YPLP PGRI kabupaten Tana Toraja. 

Suatu ketika Pak Roma diberi mandat oleh PGRI kabupaten Tana Toraja untuk mengikuti Rakornas Virtual PGRI. Pada kegiatan inilah beliau mengenal guru blogger, Bapak Wijaya Kusuma yang biasa dipanggil Om Jay. Saat itu beliau mengenal Om Jay lewat undangan pelatihan Belajar Menulis via Grup WA. Lantas beliau pun mendaftar dan bergabung di grup 8 dan 9.

Hingga sampailah pada suatu kesempatan, pemateri pelatihan adalah Prof Richardus Eko Indrajit dengan topik materinya adalah menulis dalam satu minggu. Pak Roma saat itu sempat bertanya kepada Prof Eko dan beliau diberi tantangan oleh Prof Eko. "Apakah pak Yulius mau menulis bersama saya? " Tanya Prof Eko. Dan pak Roma pun langsung menerima tantangan sang Profesor. Beliau memilih judul DIGITAL TRANSFORMASI, Berubah Untuk Menguasai Dunia

Setelah proses yang panjang, tibalah saat pemberitahuan dari Penerbit Andi bahwa naskah yang Pak Roma tulis telah lolos untuk diterbitkan. Beliau pun menangis dan langsung menghubungi Prof Eko via WA untuk mengucapkan terimakasih atas bimbingannya. 

Selama menulis Pak Roma juga banyak terinspirasi oleh para narasumber di grup pelatihan Belajar Menulis. Misalnya Kiat dari Prof Eko: menulis setiap hari kalau bisa satu halaman sebelum tidur. Kemudian maksimalkan waktu di hari sabtu dan minggu. Beliau juga praktikkan kiat dari bapak Budiman Hakim tentang Carpenting: menuliskan semua yang kita lihat yang nantinya akan sambung menyambung menjadi tulisan yang bermakna. 
Selebihnya beliau mengetik satu paragraf di handphone sebelum tidur, dan ketika ada kesempatan beliau melengkapinya. 

Belajar dari pengalaman berbagai kegiatan yang beliau lakukan selama ini hingga menulis, beliau menyebutnya dengan istilah CLBK. 
Apa??? CLBK???
Hmmm...... Ternyata CLBK Pak Roma adalah alarm yang merupakan sebuah ajakan sekaligus perintah untuk dirinya "Tuailah hasil selama masih sanggup CLBK" COBA, LAKUKAN, BUDAYAKAN dan KONSISTEN. 


COBA
Tak satupun usaha yang berhasil jika tidak mencobanya lebih dahulu. Setiap tawaran pekerjaan dan amanat yang diberikan kepada Pak Roma yang berkaitan dengan dunia mengajar jarang beliau tolak. Sama halnya dengan menulis, memulainya kadang sulit terutama dalam membangun ide, lalu mencurahkannya dalam kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang akan melatih kita memproduksi untaian kata - kata yang menghasilkan kalimat bermakna. 

LAKUKAN
Ketika kita sudah mencoba, telah menemukan rasa dan keunikan tulisan kita, maka harus terus dilakukan agar ide kita tidak mengendap seiring berlalunya waktu. Jika ada kendala, dan kita berhenti menulis saat itu, maka saat itu juga semangat menulis kita berhenti. Jadi paksa diri kita untuk menulis. Menulis apa saja, intinya harus ada sesuatu yang tersimpan di draft tulisan blog atau laptop. 

BUDAYAKAN
Menulis harus menjadi budaya kita. Menjadi bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Budayakan menulis sehingga menjadi panggilan beraktivitas setiap hari. 

KONSISTEN
Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam menulis adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yakni menghasilkan sebuah karya tulisan yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang. Salah satu cara untuk konsisten adalah dengan cara memaksa menulis setiap hari, minimal tugas untuk siswa di blog atau upload gambar. Aktif membeli buku secara online jika merasa kesulitan dalam mengembangkan ide. 


Jangan takut untuk Coba, Lakukan, Budayakan dan Konsisten dalam menulis. 
Menulislah sebagai proses kehadiran kita untuk membuat kabar baik tentang ilmu kehidupan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awalnya terpaksa akhirnya MAU

Pengalaman Pertama Menulis di blog

Menggapai Impian Menjadi Kenyataan